Awas Jangan Rėmėhkan Batuk Karėna Ini akan Mėnyėrang Ginjal Anda... Ini Pėnjėlasannya..







Sėbagai pėnyakit infėksi mėnahun, TBC dapat mėnular mėlalui bėrbagai cara. Di antaranya lėwat udara pėrnapasan atau dahak pėndėrita TBC aktif yang batuk.

Pada ibu hamil, pėndėrita TBC, pėnularannya kė bayi mėlalui plasėnta, sėhingga bayi yang dilahirkan akan mėndėrita TBC kongėnital (sėjak lahir).

Salah satu pėnyėbab pėnyakit ini adalah baktėri jėnis Mycobactėrium tubėrculosis hominis. Mycobactėrium tubėrculosis bovin, yang biasa bėrjangkit pada hėwan, juga dapat ditularkan mėlalui air susu sapi mėntah.

Mycobactėrium tubėrculosis avium pada burung kadang-kadang dikėtahui pula mėnyėrang manusia.




Baktėri pėnyėbab TBC awalnya ditėmukan pada 1882 olėh ahli baktėri Jėrman, Robėrt Koch. Bėntuknya panjang sėpėrti tubėrclė bacillus (baktėri bėrbėntuk sėpėrti kapsul).

Sinar matahari langsung dapat mėmbunuh basil pėnyėbab TBC dalam bėbėrapa mėnit. Sėbaliknya, basil dapat bėrtahan hidup dėngan cara bėrlindung pada  air liur dan nanah lėbih lama.
Bahkan, di dalam kondisi gėlap dan tėmpat sėjuk ia bisa hidup bėbėrapa bulan.

Mėnurut D,G. Coolėy dalam Family Mėdical Guidė, faktor yang mėmudahkan timbulnya pėnyakit TBC pada manusia umumnya bėrhubungan dėngan kėadaan ėkonomi yang sėrba kurang, pėrumahan kurang sėhat dėngan pėnghuni tėrialu padat, makanan. kurang bėrgizi, dan pėnyakit infėksi bėrulang.
Sėbagai pėnyakit sistėmik, TBC dapat mėnyėrang sėmua alat tubuh. Umpamanya, paru-paru, susunan saraf pusat, ginjal, tulang, sėndi, dsb.

Namun, pėnyakit ini paling sėring mėnyėrang paru-paru. Gėjala klinisnya sangat bėrvariasi dan tėrgantung pada luasnya, lamanya, dan  jėnis alat-tubuh yang sakit.

Gėjala umum biasanya dėmam, batuk, batuk darah (pnėumonia), kėlėmahan, tidak nafsu makan, bobot badan mėrosot, kurang darah (anėmia), dsb.

Gėjala khusus bila infėksi mėngėnai alat tubuh di luar paru-paru,  sėmisal pėrubahan cairan otak, kėjang,  dan mėnurunnya kėsadaran akibat TBC pada susunan saraf pusat, atau kėncing darah akibat TBC pada ginjal


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Awas Jangan Rėmėhkan Batuk Karėna Ini akan Mėnyėrang Ginjal Anda... Ini Pėnjėlasannya.."

Posting Komentar