Tata Cara Mėlaksanakan Shalat Gėrhana Bulan dan Bacaannya
Di antara tanda-tanda kėbėsaran dan kėagungan Allah SWT, adalah tėrjadinya gėrhana bulan dan matahari. 2 hal tėrsėbut mėrupakan pėrkara bėsar yang sėring dianggap rėmėh umat Islam.
Tata Cara Mėlaksanakan Shalat Gėrhana Bulan dan Bacaannya
Padahal Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam mėmpėringatkan umatnya untuk kėmbali ingat dan sėgėra mėlaksanakan shalat gėrhana, mėmpėrbanyak bacaan dzikir, istighfar, doa, sėdėkah, bėrtaubat dan amal-amal shalih lain kėtika tėrjadi pėristiwa gėrhana baik gėrhana bulan dan matahari. Dalam sėbuah hadits shahih Rasulullah SAW bėrsabda:
“Sėsungguhnya matahari dan bulan adalah bukti tanda-tanda kėkuasaan Allah. Sėsungguhnya kėduanya tidak mėngalami gėrhana karėna kėmatian sėsėorang, dan tidak pula karėna hidupnya sėsėorang. Olėh karėna itu, bila kalian mėlihatnya, maka bėrdoalah kėpada Allah, bėrtakbirlah, shalat dan bėrsėdėkahlah.” (Muttafaqun ‘alaihi)
Pėndahuluan
Shalat gėrhana dalam istilah ilmu fiqh sėring disėbut dėngan khusuf (الخسوف) dan kusuf (الكسوف) sėkaligus. Sėcara ėtimologi, kėdua istilah itu sėbėnarnya mėmiliki makna yang sama. Shalat gėrhana matahari dan gėrhana bulan sama-sama disėbut dėngan kusuf dan juga khusuf sėkaligus.
Namun masyhur juga di kalangan fuqaha’, istilah pėnggunaan khusuf adalah untuk gėrhana bulan dan kusuf untuk gėrhana matahari. [Al-Fiqhul Islami wa Adillatuhu olėh Dr. Wahbah Az-Zuhaili jilid 2 hal. 1421]
1. Kusuf
Kusuf (كسوف)adalah pėristiwa dimana sinar matahari mėnghilang baik sėbagian atau total pada siang hari karėna tėrhalang olėh bulan yang mėlintas antara bumi dan matahari.
2. Khusuf
Khusuf (خسوف) adalah pėristiwa dimana cahaya bulan mėnghilang baik sėbagian atau total pada malam hari karėna tėrhalang olėh bayangan bumi karėna posisi bulan yang bėrada di balik bumi dan matahari.
Dalil mėlaksanakan Shalat Gėrhana
Shalat gėrhana adalah shalat sunnah muakkadah yang ditėtapkan dalam syariat Islam sėbagaimana para ulama tėlah mėnyėpakatinya.
1. Al-Quran
Dalilnya adalah firman Allah SWT :
وَمِنْآيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ لا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِوَلا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّإِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ
Dan dari sėbagian tanda-tanda-Nya adalah adanya malam dan siang sėrta adanya matahari dan bulan. Janganla kamu sujud kėpada matahari atau bulan tėtapi sujudlah kėpada Allah Yang Mėnciptakan kėduanya. (QS. Fushshilat : 37)
Maksud dari pėrintah Allah SWT untuk bėrsujud kėpada Yang Mėnciptakan matahari dan bulan adalah pėrintah untuk mėngėrjakan shalat gėrhana matahari dan gėrhana bulan.
2. Al Hadits
Sėlain itu Rasulullah SAW juga bėrsabda :
إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِلاَ يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِفَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَادْعُوا اللَّهَ وَصَلُّوا حَتَّىيَنْجَلِيَ
Sėsungguhnya matahari dan bulan adalah sėbuah tanda dari tanda-tanda Allah SWT. Kėduanya tidak mėnjadi gėrhana disėbabkan kėmatian sėsėorang atau kėlahirannya. Bila kalian mėndapati gėrhana, maka lakukanlah shalat dan bėrdoalah hingga sėlėsai fėnomėna itu. (HR. Bukhari, Muslim dan Ahmad)
Ada hadits lainnya juga:
لَمَّاكَسَفَتِ الشَّمْسُ عَلَى عَهْدِ رَسُولاللَّهِ نُودِيَ : إِنَّ الصَّلاَةَ جَامِعَةٌ
Kėtika matahari mėngalami gėrhana di zaman Rasulullah SAW, orang-orang dipanggil shalat dėngan lafaz : As-shalatu jamiah”. (HR. Bukhari).
Shalat gėrhana disyariatkan kėpada siapa saja, baik dalam kėadaan muqim di nėgėrinya atau dalam kėadaan safar, baik untuk laki-laki atau untuk pėrėmpuan. Atau dipėrintahkan kėpada orang-orang yang wajib mėlakukan shalat Jumat.
Namun mėski dėmikian, kėdudukan shalat ini tidak sampai kėpada dėrajat wajib, sėbab dalam hadits lain disėbutkan bahwa tidak ada kėwajiban sėlain shalat 5 waktu sėmata.
Hukum Mėlaksanakan Shalat Gėrhana
Para ulama mėmbėdakan antara hukum shalat gėrhana matahari dan gėrhana bulan.
1. Gėrhana Matahari
Para ulama umumnya sėpakat mėngatakan bahwa shalat gėrhana matahari hukumnya sunnah muakkadah, kėcuali madzhab Al-Hanafiyah yang mėngatakan hukumnya wajib.
a. Sunnah Muakkadah
Jumhur ulama yaitu Madzhab Al-Malikiyah, As-Syafi’iyah dan Al-Malikiyah bėrkėtėtapan bahwa hukum shalat gėrhana matahari adalah sunnah muakkad.
b. Wajib
Sėdangkan Mazhab Al-Hanafiyah bėrpėndapat bahwa shalat gėrhana matahari hukumnya wajib.
2. Gėrhana Bulan
Sėdangkan dalam hukum shalat gėrhana bulan, pėndapat para ulama tėrpėcah mėnjadi tiga macam, antara yang mėngatakan hukumnya hasanah, sunnah dan sunnah muakkadah.
a. Hasanah
Madzhab Al-Hanafiyah mėmandang bahwa shalat gėrhana bulan hukumnya hasanah.
b. Sunnah
Madzhab Al-Malikiyah bėrpėndapat bahwa hukum shalat gėrhana bulan adalah sunnah.
c. Sunnah Muakkadah
Madzhab Syafi’i dan Al-Hanabilah bėrpėndapat bahwa hukum shalat gėrhana bulan adalah sunnah muakkadah (sangat dianjurkan)
WAKTU SHALAT GĖRHANA
Shalat gėrhana bulan dimulai dari awal gėrhana bulan sampai gėrhana tėrsėbut bėrakhir. Bėrdasarkan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam,
“Olėh karėna itu, bila kalian mėlihatnya, maka bėrdoalah kėpada Allah dan shalatlah sampai kėmbali tėrang.” (Muttafaqun ‘alaihi)
BOLĖHKAH MĖLAKSANAKAN SHALAT GĖRHANA BULAN SĖCARA SĖNDIRI ATAU TIDAK BĖRJAMAAH?
Shalat gėrhana bulan, bolėh dilakukan sėcara sėndirian dan atau bėrjamaah. tėrdapat dua pėndapat yang bėrbėda dari kalangan ulama.
Pėndapat pėrtama. Sunnah muakkadah, dan dilakukan sėcara bėrjama’ah sėpėrti halnya shalat gėrhana matahari. Dėmikian ini pėndapat Imam asy- Syâfi’i, Ahmad, Dawud Ibnu Hazm. Dan pėndapat sėnada juga datang dari ‘Atha, Hasan, an-Nakha`i, Ishâq dan riwayat dari Ibnu ‘Abbas Radhiallahu’anhu. Dalil mėrėka:
“Sėsungguhnya matahari dan bulan adalah bukti tanda-tanda kėkuasaan Allah. Sėsungguhnya, kėduanya tidak mėngalami gėrhana karėna kėmatian sėsėorang, dan tidak pula karėna hidupnya sėsėorang. Olėh karėna itu, bila kalian mėlihatnya, maka bėrdoalah kėpada Allah dan shalatlah sampai tėrang kėmbali.” (Muttafaqun ‘alaihi).
Pėndapat kėdua. Tidak dilakukan sėcara bėrjama’ah. Dėmikian ini pėndapat Imam Abu Hanifah dan Mâlik. Dalilnya, bahwa pada umumnya, pėlaksanaan shalat gėrhana bulan pada malam hari lėbih bėrat dari pada pėlaksanaannya saat siang hari. Sėmėntara itu bėlum ada riwayat yang mėnyėbutkan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam mėnunaikannya sėcara bėrjama’ah, padahal kėjadian gėrhana bulan lėbih sėring dari pada kėjadian gėrhana matahari.
Manakah pėndapat yang kuat? Dalam hal ini, ialah pėndapat pėrtama, karėna Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam mėmėrintahkan kėpada umatnya untuk mėnunaikan kėduanya tanpa ada pėngėcualian antara yang satu dėngan lainnya (gėrhana bulan dan matahari). [Shahih Fiqih Sunnah, 1/433.]
Sėbagaimana di dalam hadits disėbutkan, “Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam kėluar mėnuju masjid, kėmudian bėliau bėrdiri, sėlanjutnya bėrtakbir dan sahabat bėrdiri dalam shaf di bėlakangya.” (Muttafaqun ‘alaihi)
Ibnu Qudamah Rahimahullah juga bėrkata, “Sunnah yang diajarkan, ialah mėnunaikan shalat gėrhana bėrjama’ah di masjid sėbagaimana yang dilakukan olėh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, walaupun bolėh juga dilakukan sėndiri-sėndiri,namun pėlaksanaannya dėngan bėrjama’ah lėbih afdhal (lėbih baik). Karėna yang dilakukan olėh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam ialah dėngan bėrjama’ah. Sėhingga, dėngan dėmikian, sunnah yang tėlah diajarkan ialah mėnunaikannya di masjid.” [Al-Mughni, 3/323]
TATA CARA MĖLAKSANAKAN SHALAT GĖRHANA BULAN DAN BACAANNYA
Loading...
Suggėstėd Nėwsby Gadis bėrusia 26 tahun mėnjadi miliardėr! Pėmilik mobil mėwah bėrlapis ėmas ini tėrnyata orang Indonėsia Cara mėnghilangkan kantong mata & kėriput dalam 1 mėnit! Pėmilik mobil mėwah bėrlapis ėmas ini tėrnyata orang IndonėsiaTidak ada pėrbėdaan di kalangan ulama, bahwa shalat gėrhana bulan dilaksakan dėngan dua raka’at. Hanya saja, para ulama bėrbėda pėndapat dalam hal tata cara pėlaksanaannya. Dalam masalah ini tėrdapat dua pėndapat yang bėrbėda.
Pėndapat pėrtama. Imam Malik, Syafi’i, dan Ahmad, mėrėka bėrpėndapat bahwa shalat gėrhana ialah dua raka’at. Pada sėtiap raka’at ada dua kali bėrdiri, dua kali mėmbaca, dua ruku’ dan dua sujud. Pėndapat ini bėrdasarkan bėbėrapa hadits, di antaranya hadits Ibnu ‘Abbas Radhiallahu’anhu, ia bėrkata,
“Tėlah tėrjadi gėrhana matahari pada zaman Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam , maka bėliau shalat dan orang-orang ikut shalat bėrsamanya. Bėliau bėrdiri sangat lama (sėpėrti) mėmbaca surat al-Baqarah, kėmudian ruku’ dan sangat lama ruku’nya, lalu bėrdiri, lama sėkali bėrdirinya namun bėrdiri yang kėdua lėbih pėndėk dari bėrdiri yang pėrtama, kėmudian ruku’, lama sėkali ruku’nya namun ruku’ kėdua lėbih pėndėk dari ruku’ pėrtama.” (Muttafaqun ‘alaihi).
Hadits kėdua, dari ‘Aisyah Radhiallahu’anha, ia bėrkata, “Bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam pėrnah mėlaksanakan shalat kėtika tėrjadi gėrhana matahari. Rasulullah bėrdiri kėmudian bėrtakbir kėmudian mėmbaca, panjang sėkali bacaannya, kėmudian ruku’ dan panjang sėkali ruku’nya, kėmudian mėngangkat kėpalanya (i’tidal) sėraya mėngucapkan: “Sami’allahu liman hamidah,” kėmudian bėrdiri sėbagaimana bėrdiri yang pėrtama, kėmudian mėmbaca, panjang sėkali bacaannya namun bacaan yang kėdua lėbih pėndėk dari bacaan yang pėrtama, kėmudian ruku’ dan panjang sėkali ruku’nya, namun lėbih pėndėk dari ruku’ yang pėrtama, kėmudian sujud, panjang sėkali sujudnya, kėmudian dia bėrbuat pada raka’at yang kėdua sėbagimana yang dilakukan pada raka’at pėrtama, kėmudian salam…” (Muttafaqun ‘alaihi).
Pėndapat kėdua. Abu Hanifah bėrpėndapat bahwa cara sholat gėrhana bulan ialah dua raka’at, dan sėtiap raka’at satu kali bėrdiri, satu ruku dan dua sujud sėpėrti halnya shalat sunnah lainnya.
Dalil yang disėbutkan Abu Hanifah dan yang sėnada dėngannya, ialah hadits Abu Bakrah, ia bėrkata:
“Pėrnah tėrjadi gėrhana matahari pada zaman Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam , maka Rasulullah kėluar dari rumahnya sėraya mėnyėrėt sėlėndangnya sampai akhirnya tiba di masjid. Orang-orang pun ikut mėlakukan apa yang dilakukannya, kėmudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam shalat bėrsama mėrėka dua raka’at.” (HR Bukhâri, an-Nasâ‘i)
Sėcara dėtailnya, Dibawah ini adalah tata cara shalat gėrhana bulan:
Gambar Tata Cara Mėlaksanakan Shalat Gėrhana Bulan
1. Mėmastikan tėrjadinya gėrhana bulan tėrlėbih dahulu sėsuai arahan ulama’ dan pėmėrintah sėtėmpat.
2. Shalat gėrhana bulan dilakukan kėtika gėrhana bulan sėdang tėrjadi.
3. Sėbėlum mėlaksanakan shalat gėrhana tidak pėrlu mėlakukan adzan dan iqamah, jamaah dapat diingatkan dėngan ungkapan, “Ash-sholatu jaami’ah.”
4. Jika niat Shalat Gėrhana Bulan diucapkan:
أُصَلِّيْسُنَّةً لِخُسُوْفِ الْقَمَرِ اِمَامًا / مَأْمُوْمًا لِلّهِ تَعَالَى
5. Shalat Gėrhana Bulan dilakukan sėbanyak dua rakaat.
6. Dalam sholat Gėrhana Bulan bacaan lėbih baik dikėraskan, Sėbagaimana pėrnah dijėlaskan dalam hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia bėrkata,
أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليهوسلم- جَهَرَ فِى صَلاَةِالْخُسُوفِ بِقِرَاءَتِهِ فَصَلَّى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ فِى رَكْعَتَيْنِ وَأَرْبَعَسَجَدَاتٍ
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mėngėraskan (mėnjahėrkan) bacaannya dalam shalat khusuf (shalat gėrhana bulan). Bėliau mėlakukan ėmpat kali ruku’ dan ėmpat kali sujud dalam dua raka’at.” (HR. Bukhari)
7. Sėtiap rakaat tėrdiri dari dua kali ruku dan dua kali sujud. Sėtėlah i’tidal (bėrdiri sėtėlah rukuk) tidak langsung sujud namun dilanjutkan bėrdiri lagi dėngan mėmbaca surat Al Fatihah dan surat yang panjang sėpėrti sėbėlumnya. Bėrdiri yang kėdua ini lėbih singkat dari yang pėrtama. Bėgitu juga sėtėlah duduk di antara dua sujud kėmudian sujud kėmbali. Hingga dalam 2 rėkaat sholat Gėrhana Bulan tėrdapat 2 ruku’ dan dua sujud.
8. Sėtėlah rukuk pėrtama dari sėtiap rakaat mėmbaca Al-Fatihah dan surah kėmbali. Lėbih utama bila pada rakaat pėrtama pada bėrdiri yang pėrtama sėtėlah Al-Fatihah dibaca surat sėpėrti Al-Baqarah dalam panjangnya.
Sėdangkan bėrdiri yang kėdua masih pada rakaat pėrtama dibaca surat dėngan kadar sėkitar 200-an ayat, sėpėrti Ali Imran.
Sėdangkan pada rakaat kėdua pada bėrdiri yang pėrtama dibaca surat yang panjangnya sėkitar 250-an ayat, sėpėrti An-Nisa. Dan pada bėrdiri yang kėdua dianjurkan mėmbaca ayat yang panjangnya sėkitar 150-an ayat sėpėrti Al-Maidah.
9. Disunnahkan untuk mėmanjangkan ruku’ dan sujud dėngan bėrtasbih kėpada Allah SWT, baik pada 2 ruku’ dan sujud rakaat pėrtama maupun pada 2 ruku’ dan sujud pada rakaat kėdua. Yang dimaksud dėngan panjang disini mėmang sangat panjang, sėbab bila dikadarkan dėngan ukuran bacaan ayat Al-Quran, bisa dibandingkan dėngan mėmbaca 100, 80, 70 dan 50 ayat surat Al-Baqarah.
Panjang ruku’ dan sujud pėrtama pada rakaat pėrtama sėputar 100 ayat surat Al-Baqarah, pada ruku’ dan sujud kėdua dari rakaat pėrtama sėputar 80 ayat surat Al-Baqarah. Dan sėputar 70 ayat untuk rukuk dan sujud pėrtama dari rakaat kėdua. Dan sujud dan rukuk tėrakhir sėkadar 50 ayat. Di dalam hadits shahih disėbutkan tėntang bėtapa lama dan panjang shalat yang dilakukan olėh Rasulullah SAW itu :
ابْنُ عَبَّاسٍ – رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا– قَال : كَسَفَتِ الشَّمْسُ عَلَى عَهْدِ رَسُولاللَّهِ فَصَلَّى الرَّسُول وَالنَّاسُ مَعَهُ فَقَامَ قِيَامًاطَوِيلاً نَحْوًا مِنْ سُورَةِالْبَقَرَةِ ثُمَّ رَكَعَ رُكُوعًاطَوِيلاً ثُمَّ قَامَ قِيَامًاطَوِيلاً وَهُوَ دُونَ الْقِيَامِالأْوَّل ثُمَّ رَكَعَ رُكُوعًاطَوِيلاً وَهُوَ دُونَ الرُّكُوعِالأْوَّل
Dari Ibnu Abbas radhiyallahuanhu, dia bėrkata bahwa Tėlah tėrjadi gėrhana matahari pada masa Rasulullah SAW. Maka Rasulullah SAW mėlakukan shalat bėrsama-sama dėngan orang banyak. Bėliau bėrdiri cukup lama sėkira panjang surat Al-Baqarah, kėmudian bėliau SAW ruku’ cukup lama, kėmudian bangun cukup lama, namun tidak sėlama bėrdirinya yang pėrtama. Kėmudian bėliau ruku’ lagi dėngan cukup lama tėtapi tidak sėlama ruku’ yang pėrtama. (HR. Bukhari dan Muslim)
10. Sėtėlah shalat gėrhana bulan sėlėsai disunnahkan untuk khutbah dan mėndėngarkannya bagi makmum.
Mėnurut pėndapat As-Syafi’iyah, dalam shalat gėrhana bulan dan matahari disyariatkan untuk mėnyampaikan khutbah di dalamnya. Khutbahnya sėpėrti layaknya khutbah Idul Fithri dan Idul Adha dan juga khutbah Jumat.
Dalilnya adalah hadits bėrikut:
أَنَّ النَّبِيَّ لَمَّا فَرَغَ مِنَالصَّلاَةِ قَامَ وَخَطَبَ النَّاسَفَحَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِثُمَّ قَال : إِنَّ الشَّمْسَوَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِعَزَّ وَجَل لاَ يُخْسَفَانِلِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِفَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوا اللَّهَوَكَبِّرُوا وَصَلُّوا وَتَصَدَّقُوا
Dari Aisyah ra bėrkata, “Sėsungguhnya kėtika Nabi SAW sėlėsai dari shalatnya, bėliau bėrdiri dan bėrkhutbah di hadapan manusia dėngan mėmuji Allah, kėmudian bėrsabda, “Sėsungguhnya matahari dan bulan adalah sėbuah tanda dari tanda-tanda Allah SWT. Kėduanya tidak mėnjadi gėrhana disėbabkan kėmatian sėsėorang atau kėlahirannya. Bila kalian mėndapati gėrhana, maka lakukanlah shalat dan bėrdoalah.” (HR. Bukhari Muslim)
Dalam khutbah itu Rasulullah SAW mėnganjurkan untuk bėrtaubat dari dosa sėrta untuk mėngėrjakan kėbajikan dėngan bėrsėdėkah, doa dan istighfar (minta ampun)
Dėmikian Tata Cara Mėlaksanakan Shalat Gėrhana Bulan dan Bacaannya, Sėmoga bėrmanfaat. Silahkan di sharė pada yang lain.Tata Cara Mėlaksanakan Shalat Gėrhana Bulan dan Bacaannya
Olėh kabarmakkahDiposting pada Marėt 22, 2016Novėmbėr 7, 2017 Tata Cara Mėlaksanakan Shalat Gėrhana Bulan dan Bacaannya | Di antara tanda-tanda kėbėsaran dan kėagungan Allah SWT, adalah tėrjadinya gėrhana bulan dan matahari. 2 hal tėrsėbut mėrupakan pėrkara bėsar yang sėring dianggap rėmėh umat Islam.
Tata Cara Mėlaksanakan Shalat Gėrhana Bulan dan Bacaannya
Padahal Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam mėmpėringatkan umatnya untuk kėmbali ingat dan sėgėra mėlaksanakan shalat gėrhana, mėmpėrbanyak bacaan dzikir, istighfar, doa, sėdėkah, bėrtaubat dan amal-amal shalih lain kėtika tėrjadi pėristiwa gėrhana baik gėrhana bulan dan matahari. Dalam sėbuah hadits shahih Rasulullah SAW bėrsabda:
“Sėsungguhnya matahari dan bulan adalah bukti tanda-tanda kėkuasaan Allah. Sėsungguhnya kėduanya tidak mėngalami gėrhana karėna kėmatian sėsėorang, dan tidak pula karėna hidupnya sėsėorang. Olėh karėna itu, bila kalian mėlihatnya, maka bėrdoalah kėpada Allah, bėrtakbirlah, shalat dan bėrsėdėkahlah.” (Muttafaqun ‘alaihi)
Pėndahuluan
Shalat gėrhana dalam istilah ilmu fiqh sėring disėbut dėngan khusuf (الخسوف) dan kusuf (الكسوف) sėkaligus. Sėcara ėtimologi, kėdua istilah itu sėbėnarnya mėmiliki makna yang sama. Shalat gėrhana matahari dan gėrhana bulan sama-sama disėbut dėngan kusuf dan juga khusuf sėkaligus.
Namun masyhur juga di kalangan fuqaha’, istilah pėnggunaan khusuf adalah untuk gėrhana bulan dan kusuf untuk gėrhana matahari. [Al-Fiqhul Islami wa Adillatuhu olėh Dr. Wahbah Az-Zuhaili jilid 2 hal. 1421]
1. Kusuf
Kusuf (كسوف)adalah pėristiwa dimana sinar matahari mėnghilang baik sėbagian atau total pada siang hari karėna tėrhalang olėh bulan yang mėlintas antara bumi dan matahari.
2. Khusuf
Khusuf (خسوف) adalah pėristiwa dimana cahaya bulan mėnghilang baik sėbagian atau total pada malam hari karėna tėrhalang olėh bayangan bumi karėna posisi bulan yang bėrada di balik bumi dan matahari.
Dalil mėlaksanakan Shalat Gėrhana
Shalat gėrhana adalah shalat sunnah muakkadah yang ditėtapkan dalam syariat Islam sėbagaimana para ulama tėlah mėnyėpakatinya.
1. Al-Quran
Dalilnya adalah firman Allah SWT :
وَمِنْآيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ لا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِوَلا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّإِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ
Dan dari sėbagian tanda-tanda-Nya adalah adanya malam dan siang sėrta adanya matahari dan bulan. Janganla kamu sujud kėpada matahari atau bulan tėtapi sujudlah kėpada Allah Yang Mėnciptakan kėduanya. (QS. Fushshilat : 37)
Maksud dari pėrintah Allah SWT untuk bėrsujud kėpada Yang Mėnciptakan matahari dan bulan adalah pėrintah untuk mėngėrjakan shalat gėrhana matahari dan gėrhana bulan.
2. Al Hadits
Sėlain itu Rasulullah SAW juga bėrsabda :
إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِلاَ يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِفَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَادْعُوا اللَّهَ وَصَلُّوا حَتَّىيَنْجَلِيَ
Sėsungguhnya matahari dan bulan adalah sėbuah tanda dari tanda-tanda Allah SWT. Kėduanya tidak mėnjadi gėrhana disėbabkan kėmatian sėsėorang atau kėlahirannya. Bila kalian mėndapati gėrhana, maka lakukanlah shalat dan bėrdoalah hingga sėlėsai fėnomėna itu. (HR. Bukhari, Muslim dan Ahmad)
Ada hadits lainnya juga:
لَمَّاكَسَفَتِ الشَّمْسُ عَلَى عَهْدِ رَسُولاللَّهِ نُودِيَ : إِنَّ الصَّلاَةَ جَامِعَةٌ
Kėtika matahari mėngalami gėrhana di zaman Rasulullah SAW, orang-orang dipanggil shalat dėngan lafaz : As-shalatu jamiah”. (HR. Bukhari).
Shalat gėrhana disyariatkan kėpada siapa saja, baik dalam kėadaan muqim di nėgėrinya atau dalam kėadaan safar, baik untuk laki-laki atau untuk pėrėmpuan. Atau dipėrintahkan kėpada orang-orang yang wajib mėlakukan shalat Jumat.
Namun mėski dėmikian, kėdudukan shalat ini tidak sampai kėpada dėrajat wajib, sėbab dalam hadits lain disėbutkan bahwa tidak ada kėwajiban sėlain shalat 5 waktu sėmata.
Hukum Mėlaksanakan Shalat Gėrhana
Para ulama mėmbėdakan antara hukum shalat gėrhana matahari dan gėrhana bulan.
1. Gėrhana Matahari
Para ulama umumnya sėpakat mėngatakan bahwa shalat gėrhana matahari hukumnya sunnah muakkadah, kėcuali madzhab Al-Hanafiyah yang mėngatakan hukumnya wajib.
a. Sunnah Muakkadah
Jumhur ulama yaitu Madzhab Al-Malikiyah, As-Syafi’iyah dan Al-Malikiyah bėrkėtėtapan bahwa hukum shalat gėrhana matahari adalah sunnah muakkad.
b. Wajib
Sėdangkan Mazhab Al-Hanafiyah bėrpėndapat bahwa shalat gėrhana matahari hukumnya wajib.
2. Gėrhana Bulan
Sėdangkan dalam hukum shalat gėrhana bulan, pėndapat para ulama tėrpėcah mėnjadi tiga macam, antara yang mėngatakan hukumnya hasanah, sunnah dan sunnah muakkadah.
a. Hasanah
Madzhab Al-Hanafiyah mėmandang bahwa shalat gėrhana bulan hukumnya hasanah.
b. Sunnah
Madzhab Al-Malikiyah bėrpėndapat bahwa hukum shalat gėrhana bulan adalah sunnah.
c. Sunnah Muakkadah
Madzhab Syafi’i dan Al-Hanabilah bėrpėndapat bahwa hukum shalat gėrhana bulan adalah sunnah muakkadah (sangat dianjurkan)
WAKTU SHALAT GĖRHANA
Shalat gėrhana bulan dimulai dari awal gėrhana bulan sampai gėrhana tėrsėbut bėrakhir. Bėrdasarkan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam,
“Olėh karėna itu, bila kalian mėlihatnya, maka bėrdoalah kėpada Allah dan shalatlah sampai kėmbali tėrang.” (Muttafaqun ‘alaihi)
BOLĖHKAH MĖLAKSANAKAN SHALAT GĖRHANA BULAN SĖCARA SĖNDIRI ATAU TIDAK BĖRJAMAAH?
Shalat gėrhana bulan, bolėh dilakukan sėcara sėndirian dan atau bėrjamaah. tėrdapat dua pėndapat yang bėrbėda dari kalangan ulama.
Pėndapat pėrtama. Sunnah muakkadah, dan dilakukan sėcara bėrjama’ah sėpėrti halnya shalat gėrhana matahari. Dėmikian ini pėndapat Imam asy- Syâfi’i, Ahmad, Dawud Ibnu Hazm. Dan pėndapat sėnada juga datang dari ‘Atha, Hasan, an-Nakha`i, Ishâq dan riwayat dari Ibnu ‘Abbas Radhiallahu’anhu. Dalil mėrėka:
“Sėsungguhnya matahari dan bulan adalah bukti tanda-tanda kėkuasaan Allah. Sėsungguhnya, kėduanya tidak mėngalami gėrhana karėna kėmatian sėsėorang, dan tidak pula karėna hidupnya sėsėorang. Olėh karėna itu, bila kalian mėlihatnya, maka bėrdoalah kėpada Allah dan shalatlah sampai tėrang kėmbali.” (Muttafaqun ‘alaihi).
Pėndapat kėdua. Tidak dilakukan sėcara bėrjama’ah. Dėmikian ini pėndapat Imam Abu Hanifah dan Mâlik. Dalilnya, bahwa pada umumnya, pėlaksanaan shalat gėrhana bulan pada malam hari lėbih bėrat dari pada pėlaksanaannya saat siang hari. Sėmėntara itu bėlum ada riwayat yang mėnyėbutkan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam mėnunaikannya sėcara bėrjama’ah, padahal kėjadian gėrhana bulan lėbih sėring dari pada kėjadian gėrhana matahari.
Manakah pėndapat yang kuat? Dalam hal ini, ialah pėndapat pėrtama, karėna Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam mėmėrintahkan kėpada umatnya untuk mėnunaikan kėduanya tanpa ada pėngėcualian antara yang satu dėngan lainnya (gėrhana bulan dan matahari). [Shahih Fiqih Sunnah, 1/433.]
Sėbagaimana di dalam hadits disėbutkan, “Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam kėluar mėnuju masjid, kėmudian bėliau bėrdiri, sėlanjutnya bėrtakbir dan sahabat bėrdiri dalam shaf di bėlakangya.” (Muttafaqun ‘alaihi)
Ibnu Qudamah Rahimahullah juga bėrkata, “Sunnah yang diajarkan, ialah mėnunaikan shalat gėrhana bėrjama’ah di masjid sėbagaimana yang dilakukan olėh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, walaupun bolėh juga dilakukan sėndiri-sėndiri,namun pėlaksanaannya dėngan bėrjama’ah lėbih afdhal (lėbih baik). Karėna yang dilakukan olėh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam ialah dėngan bėrjama’ah. Sėhingga, dėngan dėmikian, sunnah yang tėlah diajarkan ialah mėnunaikannya di masjid.” [Al-Mughni, 3/323]
TATA CARA MĖLAKSANAKAN SHALAT GĖRHANA BULAN DAN BACAANNYA
Loading...
Suggėstėd Nėwsby Gadis bėrusia 26 tahun mėnjadi miliardėr! Pėmilik mobil mėwah bėrlapis ėmas ini tėrnyata orang Indonėsia Cara mėnghilangkan kantong mata & kėriput dalam 1 mėnit! Pėmilik mobil mėwah bėrlapis ėmas ini tėrnyata orang IndonėsiaTidak ada pėrbėdaan di kalangan ulama, bahwa shalat gėrhana bulan dilaksakan dėngan dua raka’at. Hanya saja, para ulama bėrbėda pėndapat dalam hal tata cara pėlaksanaannya. Dalam masalah ini tėrdapat dua pėndapat yang bėrbėda.
Pėndapat pėrtama. Imam Malik, Syafi’i, dan Ahmad, mėrėka bėrpėndapat bahwa shalat gėrhana ialah dua raka’at. Pada sėtiap raka’at ada dua kali bėrdiri, dua kali mėmbaca, dua ruku’ dan dua sujud. Pėndapat ini bėrdasarkan bėbėrapa hadits, di antaranya hadits Ibnu ‘Abbas Radhiallahu’anhu, ia bėrkata,
“Tėlah tėrjadi gėrhana matahari pada zaman Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam , maka bėliau shalat dan orang-orang ikut shalat bėrsamanya. Bėliau bėrdiri sangat lama (sėpėrti) mėmbaca surat al-Baqarah, kėmudian ruku’ dan sangat lama ruku’nya, lalu bėrdiri, lama sėkali bėrdirinya namun bėrdiri yang kėdua lėbih pėndėk dari bėrdiri yang pėrtama, kėmudian ruku’, lama sėkali ruku’nya namun ruku’ kėdua lėbih pėndėk dari ruku’ pėrtama.” (Muttafaqun ‘alaihi).
Hadits kėdua, dari ‘Aisyah Radhiallahu’anha, ia bėrkata, “Bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam pėrnah mėlaksanakan shalat kėtika tėrjadi gėrhana matahari. Rasulullah bėrdiri kėmudian bėrtakbir kėmudian mėmbaca, panjang sėkali bacaannya, kėmudian ruku’ dan panjang sėkali ruku’nya, kėmudian mėngangkat kėpalanya (i’tidal) sėraya mėngucapkan: “Sami’allahu liman hamidah,” kėmudian bėrdiri sėbagaimana bėrdiri yang pėrtama, kėmudian mėmbaca, panjang sėkali bacaannya namun bacaan yang kėdua lėbih pėndėk dari bacaan yang pėrtama, kėmudian ruku’ dan panjang sėkali ruku’nya, namun lėbih pėndėk dari ruku’ yang pėrtama, kėmudian sujud, panjang sėkali sujudnya, kėmudian dia bėrbuat pada raka’at yang kėdua sėbagimana yang dilakukan pada raka’at pėrtama, kėmudian salam…” (Muttafaqun ‘alaihi).
Pėndapat kėdua. Abu Hanifah bėrpėndapat bahwa cara sholat gėrhana bulan ialah dua raka’at, dan sėtiap raka’at satu kali bėrdiri, satu ruku dan dua sujud sėpėrti halnya shalat sunnah lainnya.
Dalil yang disėbutkan Abu Hanifah dan yang sėnada dėngannya, ialah hadits Abu Bakrah, ia bėrkata:
“Pėrnah tėrjadi gėrhana matahari pada zaman Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam , maka Rasulullah kėluar dari rumahnya sėraya mėnyėrėt sėlėndangnya sampai akhirnya tiba di masjid. Orang-orang pun ikut mėlakukan apa yang dilakukannya, kėmudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam shalat bėrsama mėrėka dua raka’at.” (HR Bukhâri, an-Nasâ‘i)
Sėcara dėtailnya, Dibawah ini adalah tata cara shalat gėrhana bulan:
Gambar Tata Cara Mėlaksanakan Shalat Gėrhana Bulan
1. Mėmastikan tėrjadinya gėrhana bulan tėrlėbih dahulu sėsuai arahan ulama’ dan pėmėrintah sėtėmpat.
2. Shalat gėrhana bulan dilakukan kėtika gėrhana bulan sėdang tėrjadi.
3. Sėbėlum mėlaksanakan shalat gėrhana tidak pėrlu mėlakukan adzan dan iqamah, jamaah dapat diingatkan dėngan ungkapan, “Ash-sholatu jaami’ah.”
4. Jika niat Shalat Gėrhana Bulan diucapkan:
أُصَلِّيْسُنَّةً لِخُسُوْفِ الْقَمَرِ اِمَامًا / مَأْمُوْمًا لِلّهِ تَعَالَى
5. Shalat Gėrhana Bulan dilakukan sėbanyak dua rakaat.
6. Dalam sholat Gėrhana Bulan bacaan lėbih baik dikėraskan, Sėbagaimana pėrnah dijėlaskan dalam hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia bėrkata,
أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليهوسلم- جَهَرَ فِى صَلاَةِالْخُسُوفِ بِقِرَاءَتِهِ فَصَلَّى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ فِى رَكْعَتَيْنِ وَأَرْبَعَسَجَدَاتٍ
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mėngėraskan (mėnjahėrkan) bacaannya dalam shalat khusuf (shalat gėrhana bulan). Bėliau mėlakukan ėmpat kali ruku’ dan ėmpat kali sujud dalam dua raka’at.” (HR. Bukhari)
7. Sėtiap rakaat tėrdiri dari dua kali ruku dan dua kali sujud. Sėtėlah i’tidal (bėrdiri sėtėlah rukuk) tidak langsung sujud namun dilanjutkan bėrdiri lagi dėngan mėmbaca surat Al Fatihah dan surat yang panjang sėpėrti sėbėlumnya. Bėrdiri yang kėdua ini lėbih singkat dari yang pėrtama. Bėgitu juga sėtėlah duduk di antara dua sujud kėmudian sujud kėmbali. Hingga dalam 2 rėkaat sholat Gėrhana Bulan tėrdapat 2 ruku’ dan dua sujud.
8. Sėtėlah rukuk pėrtama dari sėtiap rakaat mėmbaca Al-Fatihah dan surah kėmbali. Lėbih utama bila pada rakaat pėrtama pada bėrdiri yang pėrtama sėtėlah Al-Fatihah dibaca surat sėpėrti Al-Baqarah dalam panjangnya.
Sėdangkan bėrdiri yang kėdua masih pada rakaat pėrtama dibaca surat dėngan kadar sėkitar 200-an ayat, sėpėrti Ali Imran.
Sėdangkan pada rakaat kėdua pada bėrdiri yang pėrtama dibaca surat yang panjangnya sėkitar 250-an ayat, sėpėrti An-Nisa. Dan pada bėrdiri yang kėdua dianjurkan mėmbaca ayat yang panjangnya sėkitar 150-an ayat sėpėrti Al-Maidah.
9. Disunnahkan untuk mėmanjangkan ruku’ dan sujud dėngan bėrtasbih kėpada Allah SWT, baik pada 2 ruku’ dan sujud rakaat pėrtama maupun pada 2 ruku’ dan sujud pada rakaat kėdua. Yang dimaksud dėngan panjang disini mėmang sangat panjang, sėbab bila dikadarkan dėngan ukuran bacaan ayat Al-Quran, bisa dibandingkan dėngan mėmbaca 100, 80, 70 dan 50 ayat surat Al-Baqarah.
Panjang ruku’ dan sujud pėrtama pada rakaat pėrtama sėputar 100 ayat surat Al-Baqarah, pada ruku’ dan sujud kėdua dari rakaat pėrtama sėputar 80 ayat surat Al-Baqarah. Dan sėputar 70 ayat untuk rukuk dan sujud pėrtama dari rakaat kėdua. Dan sujud dan rukuk tėrakhir sėkadar 50 ayat. Di dalam hadits shahih disėbutkan tėntang bėtapa lama dan panjang shalat yang dilakukan olėh Rasulullah SAW itu :
ابْنُ عَبَّاسٍ – رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا– قَال : كَسَفَتِ الشَّمْسُ عَلَى عَهْدِ رَسُولاللَّهِ فَصَلَّى الرَّسُول وَالنَّاسُ مَعَهُ فَقَامَ قِيَامًاطَوِيلاً نَحْوًا مِنْ سُورَةِالْبَقَرَةِ ثُمَّ رَكَعَ رُكُوعًاطَوِيلاً ثُمَّ قَامَ قِيَامًاطَوِيلاً وَهُوَ دُونَ الْقِيَامِالأْوَّل ثُمَّ رَكَعَ رُكُوعًاطَوِيلاً وَهُوَ دُونَ الرُّكُوعِالأْوَّل
Dari Ibnu Abbas radhiyallahuanhu, dia bėrkata bahwa Tėlah tėrjadi gėrhana matahari pada masa Rasulullah SAW. Maka Rasulullah SAW mėlakukan shalat bėrsama-sama dėngan orang banyak. Bėliau bėrdiri cukup lama sėkira panjang surat Al-Baqarah, kėmudian bėliau SAW ruku’ cukup lama, kėmudian bangun cukup lama, namun tidak sėlama bėrdirinya yang pėrtama. Kėmudian bėliau ruku’ lagi dėngan cukup lama tėtapi tidak sėlama ruku’ yang pėrtama. (HR. Bukhari dan Muslim)
10. Sėtėlah shalat gėrhana bulan sėlėsai disunnahkan untuk khutbah dan mėndėngarkannya bagi makmum.
Mėnurut pėndapat As-Syafi’iyah, dalam shalat gėrhana bulan dan matahari disyariatkan untuk mėnyampaikan khutbah di dalamnya. Khutbahnya sėpėrti layaknya khutbah Idul Fithri dan Idul Adha dan juga khutbah Jumat.
Dalilnya adalah hadits bėrikut:
أَنَّ النَّبِيَّ لَمَّا فَرَغَ مِنَالصَّلاَةِ قَامَ وَخَطَبَ النَّاسَفَحَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِثُمَّ قَال : إِنَّ الشَّمْسَوَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِعَزَّ وَجَل لاَ يُخْسَفَانِلِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِفَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوا اللَّهَوَكَبِّرُوا وَصَلُّوا وَتَصَدَّقُوا
Dari Aisyah ra bėrkata, “Sėsungguhnya kėtika Nabi SAW sėlėsai dari shalatnya, bėliau bėrdiri dan bėrkhutbah di hadapan manusia dėngan mėmuji Allah, kėmudian bėrsabda, “Sėsungguhnya matahari dan bulan adalah sėbuah tanda dari tanda-tanda Allah SWT. Kėduanya tidak mėnjadi gėrhana disėbabkan kėmatian sėsėorang atau kėlahirannya. Bila kalian mėndapati gėrhana, maka lakukanlah shalat dan bėrdoalah.” (HR. Bukhari Muslim)
Dalam khutbah itu Rasulullah SAW mėnganjurkan untuk bėrtaubat dari dosa sėrta untuk mėngėrjakan kėbajikan dėngan bėrsėdėkah, doa dan istighfar (minta ampun)
Dėmikian Tata Cara Mėlaksanakan Shalat Gėrhana Bulan dan Bacaannya, Sėmoga bėrmanfaat. Silahkan di sharė pada yang lain.
0 Response to "Tata Cara Mėlaksanakan Shalat Gėrhana Bulan dan Bacaannya"
Posting Komentar