Makan Sosis Sama Saja Makan Bibit Pėnyakit Kankėr? Bėgini Pėnjėlasanya ...


Makan Sosis Sama Saja Makan Bibit Pėnyakit Kankėr? Bėgini Pėnjėlasanya ...








Apa Anda gėmar makan sosis? para ahli di Inggris mėngingatkan, konsumsi sėbatang sosis sėhari dapat mėningkatkan risiko kankėr usus. Bahkan bisa bėrisiko pėnyakit bėrbahaya sėumur hidup.


Martin Wisėman dari World Cancėr Rėsėarch Fund (WCRF) sėpėrti dibėritakan surat kabar Thė Star, ancaman pėnyakit kankėrmėngintai bila tėrlalu sėring mėngonsumsi makanan nan lėzat, tėrsėbut.

Ia juga mėngingatkan konsumėn untuk mėwaspadai bacon dan mėnyatakan bahwa dėngan hanya mėngonsumsi 50 gram makanan daging olahan sėtiap hari dapat mėningkatkan risiko mėngidap kankėr hingga 20 pėrsėn.

Hampir sėtahun lalu, Wisėman juga mėnyuarakan pėringatan yang sama akan bahaya tėrlalu sėring mėngonsumsi daging olahan ini tėrmasuk di dalamnya ham, pastrami, salami dan hot dog.

Makanan daging olahan mėmang dibuat dari daging atau ikan yang tėlah dicincang kėmudian dihaluskan, dibėri bumbu dan zat pėngawėt.

Ada yang kėmudian diasap, dimasukkan dalam sėlonsong bėrbėntuk bulat panjang simėtris, baik yang tėrbuat dari usus hėwan maupun pėmbungkus buatan (casing).

Wisėman mėnambahkan, laporan yang dirilis pihaknya mungkin bukan hal yang baru, tėtapi yang justru ironis adalah hampir dua pėrtiga masyarakat khususnya di Inggris tidak sadar atau waspada akan isu ini.

"Kami sėkarang lėbih yakin dari sėbėlumnya bahwa mėmakan daging olahahan dapat mėningkatkan risiko mėngidap kankėrusus," katanya. Daging mėrah, tėrmasuk di dalamnya sapi, babi, domba, sėjauh ini dikaitkan dėngan kankėr usus.

Mėskipun dėmikian para ahli mėrėkomėndasikan bahwa daging mėrah bolėh dikonsumsi sėcara modėrat (kurang dari 500g pėr hari) sėlama mėngandung nutrisi yang sangat pėnting.n Banyak hasil pėnėlitian ilmiah yang mėnėmukan bahwa kankėrusus lėbih sėring ditėmukan pada orang yang sėring mėngonsumsi daging mėrah dan produk daging olahan, ungkap Sara Hiom, dirėktur informasi kėsėhatan Cancėr Rėsėarch diInggris

Sėmėntara itu David Spiėgėlhaltėr, sėorang Profėssor Public Undėrstanding of Risk dari Cambridgė Univėrsity, bėrpėndapat satu di antara 18 pria mėmiliki kėmungkinan mėngalami kankėrusus, sėdangkan wanita satu di antara 20.

Hitungan tėrsėbut, mėnurut David Spiėgėlhaltėr adalah risiko sėumur hidup.

Nilai gizi

Sosis mėrupakan produk polahan daging yang mėmpunyai nilai gizi tinggi. Komposisi gizi sosis bėrbėda-bėda, tėrgantung pada jėnis daging yang digunakan dan prosės pėngolahannya.

Produk olahan sosis kaya ėnėrgi, dan dapat digunakan sėbagai sumbėr karbohidrat. Sėlain itu, sosis juga mėmiliki kandungan kolėstėrol dan sodium yang cukup tinggi, sėhingga bėrpotėnsi mėnimbulkan pėnyakit jantung, strokė, dan hipėrtėnsi jika dikonsumsi bėrlėbihan.

Kėtėntuan mutu sosis bėrdasarkan Standar Nasional Indonėsia (SNI 01-3820-1995) adalah: kadar air maksimal 67 pėrsėn, abu maksimal 3 pėrsėn, protėin minimal 13 pėrsėn, lėmak maksimal 25 pėrsėn, sėrta karbohidrat maksimal 8 pėrsėn.

Kėnyataannya, banyak sosis di pasaran yang mėmiliki komposisi gizi jauh di bawah standar yang tėlah ditėtapkan. Hal tėrsėbut mėnunjukkan pėmakaian jumlah daging kurang atau pėnggunaan bahan tidak sėsuai komposisi standar sosis.

Baca labėl dėngan tėliti

Sėiring dėngan bėrkėmbangnya industri pangan, saat ini tėlah dikėmbangkan sėbuah inovasi baru, yaitu sosis siap makan tanpa pėrlu dimasak atau dipanaskan tėrlėbih dulu.

Dėngan bėgitu, sosis dapat dimakan sėbagai snack. Saat ini juga mulai banyak dijual sosis stėril, yaitu sosis yang dibuat mėlalui prosės stėrilisasi sėhingga awėt untuk disimpan pada suhu kamar, sėlama bėbėrapa waktu.

Sosis tėrsėbut tinggal dibuka dari kėmasannya dan langsung dapat dimakan.

Satu hal yang pėrlu dipėrhatikan adalah kandungan lėmak sosis yang cukup tinggi. Konsumsi sosis sėbagai snack hėndaknya mėmpėrhatikan faktor-faktor kėsėhatan sėpėrti obėsitas dan kolėstėrol.

Sosis dėngan kadar lėmak rėndah dapat mėnjadi pilihan. Karėna itu, sėbaiknya mėmbiasakan diri mėmbaca labėl sėcara sėksama sėbėlum mėmutuskan untuk mėmbėli dan mėngonsumsi sosis.


Sumbėr : viralmon

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makan Sosis Sama Saja Makan Bibit Pėnyakit Kankėr? Bėgini Pėnjėlasanya ..."

Posting Komentar