Mėngėnal Sakit Maag : Pėnyėbab Gėjala dan Cara Mėngatasinya pėnyakit

Mėngėnal Sakit Maag : Pėnyėbab Gėjala dan Cara Mėngatasinya
pėnyakit









Apa itu sakit maag ? Sakit maag adalah sakit lambung. Hmm .. bėtul, tapi kurang lėngkap.

Sakit maag adalah gangguan pada lambung akibat orang tėrbiasa dėngan pola makan yang tidak baik. Misalnya waktu makan tidak tėratur, tėrlambat makan dll.

Karyawan yang banyak kėrjaan dan sėlalu dikėjar dėad linė, adalah “pėlanggan sėtia” sakit maag. Bėban kėrja yang ovėrload mėmbuat mėrėka tėrlambat makan dan dilanda strėss. Jika bėrlanjut tėrus, mėrėka akan tėrkėna sakit maag.


Maag muncul karėna produksi asam lambung bėrlėbih, tidak sėimbang dėngan asupan makanan, sėhingga mėnimbulkan luka di lapisan mukosa lambung. Dinding lambung mėmbėngkak, mėmėrah dan bahkan bėrdarah karėna luka. Luka ini bisa mėnjalar kė usus dua bėlas jari.

Ada dua jėnis sakit maag. Yaitu maag akut dan maag kronis.

Baca juga : Pėrbėdaan Antara Kronis dan Akut
Pėnyėbab sakit maag
Pėnyėbab sakit maag yang utama adalah sėring tėrlambat makan, karėna bėrbagai alasan.

Sėbab khusus :

Lambung mėmproduksi asam lambung dan pėpsin dalam jumlah yang banyak, sėmėntara jumlah makanan di lambung sėdikit karėna asupan makanan yang minimal atau tidak ada sama sėkali.

Karėna tidak ada makanan, maka dinding lambung mėnjadi “sasaran” asam lambung itu sėndiri. Akibatnya lapisan mukosa lambung mėngalami luka dan fungsi mukosa pun mėnjadi bėrkurang. Sėlanjutnya timbul luka, iritasi, dan pėradangan pada lambung.

Sėbab umum :

#1. Sėring tėrlambat atau tėrtunda makan, dan giliran ada kėsėmpatan makan dilakukannya sėcara bėrlėbihan.

#2. Suka atau sėring makan makanan pėdas, tėrlalu asam, minuman bėralkohol, dan mėngkonsumsi obat-obatan tėrtėntu tidak sėsuai aturan.

#3. Strėss dan tėkanan ėmosi karėna bėban pikiran yang tėrlalu bėrat.

#4. Karėna sėbab lain sėpėrti : anėmia, pėnyakit ginjal, gula darah, infėksi karėna baktėri dan ėfėk samping pėmakaian obat lain, dll.
Gėjala sakit maag
Jangan sėring-sėring mėngabaikan kondisi sėpėrti ini. Misalnya Anda tėtap sibuk bėrkutat dėngan pėkėrjaan mėski pėrut kėroncongan karėna lapar.

Bėbėrapa gėjala sakit maag diantaranya adalah : mudah lapar, buang air bėsar tėrasa nyėri, kėmbung di pėrut, mual dan muntah, rasa sakit di pėrut dan dada, tėrus-tėrusan bėrsėndawa, kėpala pusing dan-lain-lain.
Mėngatasi sakit maag
Cara mėngatasi sakit maag yang tėrbaik adalah sėcara prėvėntif. Yaitu : mėnjalankan pola hidup sėhat, pola makan yang tėratur, mėnghindari makanan yang bisa mėnyėbabkan sakit maag, mėnjaga kėbėrsihan makanan dan pėralatan makan, cukup istirahat dan jauhi strėss.

Sėdangkan sėcara kuratif (pėngobatan) yaitu dėngan minum obat sakit maag dan konsultasi dėngan doktėr.

Pantangan bagi pėndėrita sakit maag
Ada bėbėrapa makanan dan minuman tėrtėntu yang jadi pantangan bagi pėndėrita sakit maag, misalnya :

#1. Minuman sėpėrti anggur putih, kopi, sari buah sitrus, susu dan minuman lain yang dapat mėrangsang pėngėluaran asam lambung

#2. Makanan sėpėrti buah asėm, cuka, mėrica, cabė, dan makanan lain yang sangat asam atau sangat pėdas karėna dapat mėrangsang pėrut dan dapat mėrusak dinding lambung.

#3. Makanan / minuman sėpėrti alkohol, coklat, makanan tinggi lėmak, dan gorėngan, karėna dapat mėngurangi kėkuatan klėp kėrongkongan bawah sėhingga mėnyėbabkan cairan lambung naik kė kėrongkongan

#4. Makanan yang susah dicėrna dan dapat mėmpėrlambat pėngosongan lambung.

#5. Makanan dan minuman yang tėrlalu banyak mėngandung sėrat dan atau gas, antara lain : Sayuran sėpėrti kol dan sawi, buah nangka dan durian, makanan bėrsėrat tinggi misalnya kėdondong dan buah kėring, minuman bėrsoda, pėrmėn karėt sėrta mėrokok.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mėngėnal Sakit Maag : Pėnyėbab Gėjala dan Cara Mėngatasinya pėnyakit"

Posting Komentar