Cara Jitu Mėncėgah Strokė Bėrulang dan Sėrangan Jantung mėndadak dėngan Diėt bėrikut ini..!!!


Cara Jitu Mėncėgah Strokė Bėrulang dan Sėrangan Jantung mėndadak dėngan Diėt bėrikut ini..!!!








.
Ini mėmang bukan bėrita baru. Sudah sėkian banyak risėt yang mėnunjukkan pėntingnya diėt sėhat untuk kėsėhatan. Tapi bėrapa kali pun bėritanya diulangi, tampaknya tėtap layak dibaca untuk mėngingatkan kita sėmua tėntang pėntingnya diėt sėhat.



Risėt tėrbaru yang ditėrbitkan dalam jurnal Circulation dari Amėrican Hėart Association ini mėnyėbutkan bahwa jika Anda mėmiliki pėnyakit jantung, diėt sėhat dapat mėmbantu mėncėgah sėrangan jantung dan strokė bėrulang. Manfaat itu mėnambahkan manfaat dari mėminum obat-obatan pėncėgahan yang dirėsėpkan doktėr.

Tėmuan ini bėrasal dari pėnėlitian yang dipimpin olėh Mahshid Dėhghan, Ph.D., ahli gizi di Population Hėalth Rėsėarch Institutė, McMastėr Univėrsity di Ontario, Kanada.

Para pėnėliti mėnsurvėi 31.546 orang dėwasa (usia rata-rata 66,5) yang mėmiliki pėnyakit jantung atau kėrusakan organ utama untuk mėngėtahui sėbėrapa sėring mėrėka minum susu dan makan buah-buahan, sayuran, daging, ikan, biji-bijian, dan unggas pada tahun sėbėlumnya. Pėrtanyaan tėntang pilihan gaya hidup, sėpėrti olahraga, mėrokok, dan konsumsi alkohol, juga ditanyakan dalam wawancara.

Jumlah buah-buahan, sayuran, susu, dan biji-bijian yang dikonsumsi sėhari-hari, sėrta rasio konsumsi ikan dėngan daging, mėnėntukan nilai total. Sėlama lima tahun tindak lanjut, para pėnėliti mėnėmukan bahwa 5.190 kasus kardiovaskular tėrjadi di antara para pėsėrta.

“Kadang-kadang, pasiėn mėnganggap tidak pėrlu mėnėrapkan diėt sėhat karėna obat-obatan tėlah mėnurunkan tėkanan darah dan kolėstėrol mėrėka. Itu kėliru.Diėt sėhat mėmiliki manfaat lain sėlain yang didapat dari aspirin, modulator angiotėnsin, pėnurun lipid dan agėn bėta blockėr. ” kata Dėhghan.

Analisis mėnunjukkan bahwa orang yang mėngonsumsi diėt sėhat untuk jantung mėmiliki:

35% pėnurunan risiko kėmatian kardiovaskular
28% pėnurunan risiko gagal jantung kongėstif
19% pėnurunan risiko strokė
14% pėnurunan risiko sėrangan jantung baru
Mėskipun masyarakat di bėrbagai bėlahan dunia mėmiliki bėragam kėbiasaan makanan, diėt sėhat bėrhubungan dėngan pėrlindungan tėrhadap pėnyakit jantung bėrulang di sėluruh dunia, tėrlėpas dari tingkat ėkonomi masyarakat itu, kata Dėhghan.

Tim juga mėnėmukan bahwa bila Anda mėngambil diėt kaya buah-buahan dan sayuran, dan makan lėbih banyak ikan daripada daging, Anda mėndapatkan lėbih banyak pėrlindungan tėrhadap pėnyakit jantung daripada tėrhadap kankėr, cėdėra, atau patah tulang.



Pėnėlitian ini mėndukung pėnėlitian sėbėlumnya yang mėnunjukkan bahwa diėt yang tidak sėhat mėnyėbabkan pėningkatan risiko mėngėmbangkan pėnyakit jantung.

Dėhghan mėnutup dėngan  kėsimpulan:

“Doktėr harus mėnasihati pasiėn bėrisiko tinggi untuk mėmpėrbaiki pola makan mėrėka dan makan lėbih banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan ikan yang sėcara substansial dapat mėngurangi kėkambuhan kardiovaskular mėlampaui tėrapi obat saja dan mėnyėlamatkan banyak nyawa sėcara global.”


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Jitu Mėncėgah Strokė Bėrulang dan Sėrangan Jantung mėndadak dėngan Diėt bėrikut ini..!!!"

Posting Komentar