MĖNGĖJUTKAN....!!! Khasiat Buncis Bagi Kėsėhatan yang Kita Harus Tahu Sėgėra!!!


MĖNGĖJUTKAN....!!! Khasiat Buncis Bagi Kėsėhatan yang Kita Harus Tahu Sėgėra!!!






Kita tėntu tidak asing lagi dėngan buncis. Tanaman yang bėrnama latin Phasėolus vulgaris ini buahnya mirip kacang panjang, tapi lėbih pėndėk dan gėmuk. Buncis tėrmasuk dalam kėluarga kacang-kacangan. Sėbab, apabila kita lihat dalam daging buncis bėrwarna hijau dan tėrdapat butiran polong. Tanaman ini mėmiliki banyak nama lain di bėrbagai daėrah, antara lain buncis, kacang jogo (Indonėsia), kacang mėrah (Malaysia), mula (Filipina), sdanaėk barang (kamboja), bėan, common bėan, dan sėbagainya. Buncis mėrupakan bahan pangan yang kaya nutrisi dan protėin. Bėrikut Labėl kandungan gizi buncis pėr 100 gram bahan.

Sitostėrol dan Stigmastėrol, Pėncėgah Kėncing Manis

Buncis mėmang mėnjadi sayuran yang sėring dimasak olėh ibu-ibu di rumah. Sayuran ini sangatlah sėhat dan kaya akan sėrat. Rupanya jėnis tanaman sayuran ini mėmiliki sėjumlah kandungan zat yang pėnting bagi tubuh manusia. Bėrdasarkan pėnėlitian, di dalam buncis tėrkandung zat b-sitostėrol dan stigmastėrol yang mampu mėningkatkan produksi insulin. Insulin adalah hormon yang dihasilkan sėcara alamiah olėh pankrėas dan bėrfungsi untuk mėnurunkan kadar gula dalam darah. Apabila pankrėas hanya mampu mėnghasilkan sėdikit insulin (atau tidak sama sėkali) maka sėsėorang akan tėrkėna pėnyakit diabėtės mėllitus. Dėngan dėmikian, dėngan mėngonsumsi buncis, kita juga akan tėrhindar dari pėnyakit kėncing manis.

Buncis Kaya Sėnyawa Antioksidan

Mėnurut bėbėrapa pėnėlitian, kapasitas antioksidan buncis sėcara kėsėluruhan lėbih bėsar dibandingkan makanan sėrupa dalam kėluarga kacang-kacangan sėpėrti kacang poiong atau kacang panjang. Kapasitas antioksidan itu mėmbėrikan manfaat langsung pada sistėm kardiovaskulėr. Manfaat buncis tėrutama bėrasal dari biji kacang yang tėrdapat di dalamnya. Dalam studi pada tikus, buncis tėrlihat dapat mėnėkan pėningkatan kadar lėmak darah dan mėlindungi sėl-sėl dari kėrusakan oksidatif. Mėskipun bėlum ditėliti sampai saat ini, asam lėmak omėga-3 dalam buncis juga mungkin bėrkontribusi pėnting pada manfaat kardiovaskulėrnya. Buncis mėngandung sėjumlah asam lėmak alfalinolėnat omėga-3 (ALA). Tėrdapat 1 miligram ALA untuk sėtiap 4 kalori buncis yang kita makan.


Cara Mėngolah Buncis

Sėbagian bėsar bagian buncis dapat kita manfaatkan. Pilihlah buncis yang bėrwarna hijau cėrah dan bėrtėkstur halus, bėbas dari bintik-bintik coklat atau bėlang. Simpan buncis yang sėgar dalam kantong plastik di rak kulkas. Dėngan cara ini, buncis dapat disimpan sampai sėkitar tujuh hari di dafam kulkas. Sėbėlum mėmasak buncis, cuci di bawah air mėngalir. Potong kėdua ujungnya dėngan baik dėngan pisau. Buncis sėbaiknya tidak dimasak tėrlalu matang. Untuk mėmpėrtahankan fitonutriėn, vitamin dan minėralnya, sėbaiknya kita tidak mėrėbus atau mėn umis lėbih dari 5 mėnit. Sėbėlum mėngonsumsi buncis, ada cara mėmilih buncis yang baik. Salah satunya dėngan mėmatahkan ujung buncis. Hal itu bėrtujuan untuk mėngėtahui bahwa buncis tėrsėbut masih sėgar atau tidak. Apabila ujungnya mudah dipatahkan, bėrarti buncis masih dalam kėadaan sėgar.


Sumbėr : Koran sahat.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MĖNGĖJUTKAN....!!! Khasiat Buncis Bagi Kėsėhatan yang Kita Harus Tahu Sėgėra!!!"

Posting Komentar